Pemkab Temanggung Percepat Penyelesaian Administrasi Penggunaan Dana Desa 2016

Temanggung, Jawa Tengah – Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, berupaya mempercepat penyelesaian administrasi penggunaan Dana Desa 2016 sebagai syarat pencairan program itu pada 2017.

Kasi Pembangunan Desa dan Swadaya Gotong Royong Bidang Pembangunan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Temanggung Arbai Nur Muhammad di Temanggung, Minggu, mengatakan salah satu upanyanya dengan membagikan “software” berisi perencanaan dan formulir administrasi ke desa.

Ia berharap dengan pembagian “software” tersebut memudahkan perangkat desa dalam menyelesaikan administrasi.

“Perangkat desa akan lebih mudah dalam perencanaan dan administrasi karena sudah ada formnya dalam `software`. Jadi mereka tinggal mengubah atau menambah saja sehingga pekerjaan bisa selesai lebih cepat,” katanya.

Menurut dia, perlu berbagai upaya percepatan untuk mendorong terselesaikannya syarat pencairan Dana Desa, karena pada April 2017 dana sudah harus dicairkan ke rekening desa.

Selain pembagian “software”, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis.

Ia menuturkan memang ada pendamping desa yang jumahnya mencapai 40 orang di 20 kecamatan. Setiap pendamping melakukan tugas pendampingan minimal lima orang dengan total jumlah desa 266 desa. Ada pula tenaga ahli dari kabupaten berjumlah enam orang.

Ia mengatakan kondisi awal pendamping dan para perangkat di desa-desa juga masih sama-sama belajar guna percepatan penyusunan perencanaan sehingga perlu banyak sosialisasi dan bimbingan teknis

Pada 2017, Kabupaten Temanggung menerima Dana Desa Rp207.451.723.000.

“Jumlah tersebut meningkat sekitar 40 persen dari tahun lalu. Setiap desa nantinya menerima antara Rp700 juta hingga Rp800 juta,” katanya. (Ant)