Kepala Komisi Eropa Ucapkan Selamat Kepada Calon Presiden Prancis

Brussel – Kepala Komisi Eropa Jean-Claude Juncker pada Minggu (23/4) mengucapkan selamat kepada kandidat presiden pro-Uni Eropa, Emmanuel Macron, yang diproyeksikan memenangi putaran pertama pemilihan presiden Prancis.

Juncker, mantan perdana menteri Luksemburg, juga berharap Macron “beruntung” pada pemilihan putaran kedua pada 7 Mei, ketika dia akan menghadapi kandidat partai sayap kanan-jauh Marine Le Pen menurut proyeksi terbaru.

“@JunckerEU mengucapkan selamat kepada @EmmanuelMacron atas keberhasilannya di putaran pertama dan semoga dia beruntung pada yang berikutnya,” tulis Juncker di Twitter.

Pejabat-pejabat Uni Eropa lainnya juga menyambut keunggulan Macron. Banyak pejabat di Brussel yang secara pribadi menyatakan keprihatinan mengenai Le Pen, seorang euroskeptik yang mengambil jalan keras mengenai imigrasi.

“Melihat bendera #Prancis dan UE menyambut perolehan suara #emmanuelmacron, ini adalah harapan dan masa depan generasi kita,” tulis Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini, mantan menteri luar negeri Italia.

Menteri Luar Negeri Jerman Sigmar Gabriel juga memuji hasil yang diproyeksikan dalam pemilihan presiden putaran pertama Prancis itu, demikian menurut warta AFP. (Ant)