Kudus Terima 11.280 Vaksin, Ribuan Nakes Divaksinasi Lebih Awal

Kudus  – Ribuan tenaga kesehatan (nakes) di Kudus diprioritaskan dalam program vaksinasi setelah kabupaten ini menerima 11.280 vaksin COVID-19.

“Vaksin COVID-19 baru saja kami ambil pada hari Sabtu (23/11) di Gudang Farmasi Provinsi Jateng,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kudus Andini Aridewi di Kudus.

Pelaksanaan vaksinasi mulai 25 hingga 28 Januari 2021 sebagai tahapan vaksinasi yang pertama.

Tempat pelaksanaan vaksinasi di sejumlah fasilitas kesehatan, meliputi 19 puskesmas, dua klinik, dan delapan rumah sakit.

Sementara itu, nakes di tempat itu sudah siap melaksanakan vaksinasi karena sebelumnya mereka mendapatkan pelatihan sejak akhir November 2020.

Ia menyebutkan jumlah nakes berdasarkan basis data di Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK) Kudus mencapai 5.618 orang.

Meskipun sudah divaksin, nakes maupun masyarakat diminta untuk tetap disiplin terapkan protokol kesehatan, mulai dari disiplin memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Tanpa dukungan masyarakat, maka upaya pemkab menuju zona aman sulit dicapai karena hingga kini Kabupaten Kudus masih bertahan di zona oranye dengan penularan virus corona tingkat sedang.(Ant)