Persija Imbang Lawan Arema 2-2

Jakarta, – Gol penyerang Ahmad Nur Hardianto di menit ke-90+5 menggagalkan kemenangan Persija Jakarta atas Arema FC dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu, yang tuntas dengan skor 2-2.
Arema unggul lebih dahulu melalui Hanif Sjahbandi (8′). Persija menyamakan kedudukan di menit ke-20 berkat gol Novri Setiawan, sebelum sepakan Simic (51′) membuat Persija unggul 2-1. Gol penyerang Arema Ahmad Nur Hardianto di menit ke-90+5 membuat skor sama kuat.

Dalam laga kontra Arema, pelatih Persija Julio Banuelos menurunkan sang kapten sekaligus kiper andalannya Andritany Ardhiyasa, yang baru pulih dari cedera, sejak menit pertama.

Selain itu, pelatih asal Spanyol tersebut juga memainkan deretan nama terbaik di lini serang yaitu Marko Simic, Bruno Matos dan Riko Simanjuntak.

Sementara juru taktik Arema FC Milomir Seslija menempatkan ‘playmaker’ Makan Konate, penyerang Sylvano Comvalius dan Dendi Santoso di jajaran pemain ‘starting eleven’.

Hasilnya, Arema yang berlaga tanpa Dedik Setiawan (cedera) dan Hendro Siswanto (akumulasi kartu kuning) justru tampil menekan dari awal laga.

Skuat berjuluk Singo Edan berhasil membuat pertahanan Persija melakukan kesalahan yang berujung pada gol pertama Arema.

Bek Persija Ryuji Utomo salah mengirimkan operan yang jatuh ke kaki gelandang Arema Hanif Sjahbandi di depan kotak penalti. Tanpa berlama-lama, Hanif menendang bola itu dengan kaki kirinya dan masuk ke sudut kanan bawah gawang Persija.

Setelah itu, Persija mulai berbalik menekan. Macan Kemayoran pun sukses menyamakan kedudukan di menit ke-20.

Berawal dari tendangan bebas yang dieksekusi oleh Muhammad Rezaldi Hehanusa, bola disodorkan Marko Simic ke Novri Setiawan yang berdiri bebas. Nama terakhir tanpa kesulitan memasukkan bola ke gawang yang tanpa penjagaan.

Skor 1-1 membuat situasi berbalik. Persija lebih banyak melakukan serangan, tetapi pertahanan kokoh Arema menggagalkan peluang-peluang yang ada.

Kedudukan imbang 1-1 pun bertahan sampai jeda.

Di babak kedua, Persija memulai laga dengan baik. Mengandalkan kecepatan Riko Simanjuntak yang kerap menyisir sisi kiri pertahanan Arema, strategi menyerang Persija pun membuahkan hasil positif.

Di menit ke-51, Riko Simanjuntak melakukan pergerakan yang membuat dirinya berdiri bebas di kotak penalti Arema.

Dengan tenang, pemain dari Sumatera Utara itu menyodorkan bola ke Marko Simic yang berlari sendirian dan tanpa kesulitan memasukkan bola ke gawang Arema.

Tertinggal 2-1, pelatih Arema Milomir Seslija memasukkan penyerang Ahmad Nur Hardianto dan Riky Kayame untuk menambah kekuatan lini serang.

Keputusan itu ternyata tepat. Ahmad Nur Hardianto berhasil membuat skor imbang 2-2 di ujung laga, tepatnya menit ke-90+5.

Pertandingan itu pun tuntas dengan skor imbang 2-2.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persija: Andritany Ardhiyasa (kapten)-pg, Ismed Sofyan (83′, Dany Saputra), Muhammad Rezaldi Hehanusa (71′, Heri Susanto), Ryuji Utomo, Tony Sucipto, Bruno Matos (61′, Ramdani Lestaluhu), Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Rohit Chand, Sandi Sute, Marko Simic.

Arema FC: Kurniawan Kartika Ajie-pg, Arthur da Rocha, Hamka Hamzah (kapten), Hanif Sjahbandi, Agil Munawar, Alfin Tuasalamony, Makan Konate, Pavel Smolyachenko (46′, Muhammad Rafli), Dendi Santoso (76′, Riky Kayame), Rofaldi Bawuo, Sylvano Comvalius (68′, Ahmad Nur Hardianto). (Ant)