Pengunjung Pertama 2019 Candi Borobudur Diarak Naik Gajah

Magelang – Pengunjung pertama tahun 2019 Taman Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa, terdiri atas dua wisatawan nusantara dan dua wisatawan mancanegara diarak dengan naik empat ekor gajah koleksi Taman Wisata Candi Borobudur.

Pengunjung pertama wisatawan nusantara atas nama Yuli Kurniawan (21) dan Fahri Ali (18) asal Banten, kemudian wisatawan mancanegara atas nama Mrs. Jun Chan dan Mr. Jan Jian warga Negara Amerika Serikat asal Tiongkok.

Selain diarak dengan naik gajah dari pintu utama hingga pintu masuk sebelah timur Candi Borobudur, keempat wisatawan tersebut mendapat kalungan untaian bunga melati dan juga souvenir dari unit Taman Wisata Candi Borobudur.

Ada cerita unik dari kedua pemuda asal Banten tersebut sehingga mereka menjadi pengunjung pertama Candi Borobudur di awal tahun 2019.

Yuli Kurniawan menuturkan berangkat dari Banten bersama sahabatnya Fahri Ali pada 28 Desember 2018 dengan naik bus dan mereka sempat nyasar di Kota Yogyakarta dan baru sampai Borobudur pada 31 Desember 2018, namun loket masuk Candi Borobudur sudah tutup.

Akhirnya mereka tidur di trotoar di kawasan Borobudur, karena bekal uang mereka sudah menipis.

“Kami terpaksa tidur di trotoar, karena bekal uang hampir habis akibat kesasar di Yogyakarta. Kami memang baru pertama berkunjung ke Borobudur dan belum tahu jalannya, namun semua itu ternyata ada hikmahnya,” katanya.

Ia menuturkan karena tidur di trotoar dekat Candi Borobudur, maka pagi-pagi sudah bisa antre membeli tiket diurutan pertama dan pihaknya tidak mengangka bakal mendapatkan kejutan mendapat souvenir dan diarak naik gajah.

General Manager Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan sambutan untuk wisatawan pertama yang masuk ke Candi Borobudur tahun 2019 sebagai penghargaan kepada wisatawan.

“Sambutan kepada pengunjung pertama di awal tahun ini merupakan tradisi kami untuk memberikan apresiasi pada pengunjung, baik wisatawan asing maupun wisatawan nusantara,” katanya.

Ia menuturkan di tahun 2019 Candi Borobudur diharapkan menjadi destinasi utama berkaitan pembukaan Bandara Kulonprogo yang direncanakan bulan April 2019.

Ia menyampaikan dengan beroperasinya Bandara Kulonprogo wisatawan mancanegara maupun nusantara akan banyak mengunjungi Candi Borobudur, oleh karena itu pihaknya terus menyiapkan fasilitas sarana dan prasarana untuk menerima kunjungan wisatawan yang lebih besar lagi di masa mendatang. (Ant)